Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Jenis Batu Koral Dan Cara Memasangnya

Ketahui Jenis Batu Koral Dan Cara Memasangnya - Koral adalah material bangunan yang murni berasal dari alam tanpa melalui proses pabrikasi. Batu koral  sangat membantu untuk menciptakan desain dengan tema alami. Penggunaan batu jenis ini biasanya di fokuskan pada area lantai, dinding dan tiang. 

Warna-warni alami dari batu akan terlihat begitu apik jika dipasang dengan tepat dan dengan pola yang pas. Lalu, bagaimana cara mengaplikasikan batu koral yang tepat? Simak ulasan berikut ini.

Jenis - Jenis Batu Koral

Sebelum  mempelajari cara pemasangan koral, terlebih dahulu Kita harus memahami jenis batu koral. Koral biasanya dibedakan melalui warna, ukuran dan tekstur permukaannya. Berdasarkan kriteria tersebut, batu koral dapat dibedakan sebagai berikut.

1.Koral bengkulu

Koral jenis ini adalah jenis favorit masyarakat Indonesia. Warnanya keabu-abuan dengan ukuran yang relative kecil layaknya batu krikil. Sekilas, tak ada perbedaan antara batu Bengkulu dengan batu kali, akan tetapi jika diperhatikan dengan lebih seksama batu Bengkulu memiliki tekstur yang lebih halus. Batu bengkulu menjadi favorit karena harganya yang murah serta sangat coock untuk desain eksterior.

2.Koral sikat alor

Koral sikat alor memiliki warna hitam mengkilat. Jika dibandingkan dengan koral Bengkulu, tampilan koral sikat alor lebih menarik dan elegan. Jadi, wajar saja jika koral sikat alor dibandol lebih mahal. Soal ukuran, koral sikat alor da Bengkulu sama-sama memiliki ukuran sebesar batu kerikil.

3.Koral sikat flores

Saat berjalan-jalan di taman, Kita biasanya menemukan batu putih di sekitar bunga atau kolam. Batu putih inilah yang disebut sebagai batu sikat flores. Warna  putih susu yang menyala pada koral sikat flores membuat batu ini menjadi primadona diantara batu koral jenis lainnya. Ukuran batu ini juga terbilang lebih besar dibanding dua batu sebelumnya sehingga lebih mudah diaplikasikan.

4.Koral bali

Sesuai namanya, koral jenis ini berasal dari Pulau Dewata, Bali. Warna batu koral Bali sungguh menarik dan beragam. Warna-warni cantik yang dimiliki batu koral Bali antara lain abu-abu, putih kekuningan, merah dan pink. Ukuran koral Bali juga sangatlah kecil dan halus sehingga cocok digunakan untuk memberi motif pada lantai.

5.Batu kupang

Dilihat sekilas, batu kupang akan nampak mirip dengan batu Flores. Perbedaannya pada keduanya hanya terlihat pada bintik-bintik warnanya saja. Jika batu Flores berwarna putih bersih, batu Kupang memiliki bintik kuning, merah atau coklat pada permukaannya.

6.Batu pancawarna

Sesuai namanya, batu koral jenis ini memiliki aneka warna dalam satu batu. Jadi, permukaan batu tidak polos, melainkan sudah memiliki warna-warna cantik yang alami

7.Batu telur puyuh

Batu telur puyuh memiliki bentuk yang lonjong dengan permukaannya yang halus. Warna batu ini umunya abu-abu hingga putih kecoklatan. Pada bagian permukaan batu terdapat titik-tik warna yang lebih gelap sehingga membuatnya mirip dengan telur puyuh.

Cara Pemasangan Batu Koral

Meski batu koral memiliki beragam jenis, cara pemasangan nya tetaplah sama. Pertama-tama, bagian yang akan dipasang batu koral dilapisi dengan campuran semen dan pasir. 

Setelah itu, batu koral dipasang sesuai pola yang telah ditentukan. Pemasangan tak bisa dilakukan dengan cepat. Oleh karena itu, aplikasikan semen sedikit demi sedikit.

Ketika semua batu koral terpasang, beri lapisan penguat dari semen. Agar tampilan lebih menarik, gunakan lapisan yang terbuat dari semen putih yang dicampur lem kau. 

Tunggu lapisan ini mengering. Setelah itu, bersihkan permukaan batu dengan kain lap basah.

 

 

 

Cahaya Alam Stone
Cahaya Alam Stone Menjual berbagai macam jenis dan ukuran batu alam, pemasangan batu alam, koral sikat, taman, tebing air mancur dll