Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 Pilihan Jenis Batu Alam Dinding Paling Banyak Digunakan

16 Pilihan Jenis Batu Alam Dinding Dan Lantai Paling Banyak Digunakan - Sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi semua kalangan dalam membangun sebuah bangunan jika finishing nya menggunakan Batu Alam.

Selain itudi samping model keramik batu alam maupun granit atau marmer, batu alam menjadi salah satu pilihan terbaik lain nya untuk memperindah sebuah bangunan.

Memasang Batu Alam Dinding yang sesuai dengan selera ataupun desain dapat menjadikan bangunan akan terlihat lebih indah dan juga berkesan alami jika pemilihan jenis atau model batu alam yang pas jika kita menggunakan nya.

Memang terkadang batu alam memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan harga keramik atau sejenis nya, namun walaupun Harga Batu Alam lebih tinggi akan tetapi akan memiliki kepuasan tersendiri dan juga keunikan lain nya di bandingkan dengan jenis bahan material lain nya.

Jika kita akan Memasang batu alam untuk rumah kita wajib mengetahui jenis batu alam apa yang sekira nya cocok untuk dipasang di rumah baik itu untuk dinding maupun untuk lantai, dan kita wajib juga mengetahui model dan corak batu alam juga karakteristik dari jenis batu alam tersebut.

Nah untuk menambah wawasan dan juga saran kami akan menguraikan beberapa contoh jenis batu alam yang paling banyak dipakai ataupun digunakan oleh orang yang sedang memerlukan batu alam.

16 Pilihan Jenis Batu Alam Dinding Paling Banyak Dicari

 

1. Batu Andesit Bakar

Batu andesit menjadi pilihan nomor satu saat ini untuk jenis kategori batu alam paling banyak digunakan, selain memiliki tekstur keras dan padat batu andesit juga tahan terhadap cuaca terik dan panas maupun hujan.

Batu andesit bakar umum nya terbagi menjadi dua jenis yaitu batu andesit polos bakar dan juga batu andesit bintik bakar, selain itu masih ada jenis finishing batu andesit lain nya seperti andesit finishing honed dan batu andesit finishing polished.

Batu andesit sangat serbaguna dipasang di manapun bisa.baik itu untuk dinding, untuk lantai , taman dan kolam renang juga bisa, banyak sekali saat ini menggunakan batu andesit untuk tampilan dinding maupun lantai rumah.

2. Batu Andesit Basalto

Batu andesit basalto memiliki corak yang hampir sama dengan batu andesit pada umum nya , namun batu andesit basalto memiliki tekstur yang sedikit berbeda dengan batu andesitbakar pada umum nya.

Batu andesit basalto berasal dari daerah padalarang, bandung jawabarat, batu jenis ini finishing nya hanpir sama dengan batu jenis andesit seperti di atas , yaitu memiliki finishing bakar (flamed), finishing halus (honned) dan finishing poles ( polished).

Harga batu andesit basalto memang cenderung lebih mahal dari batu andesit umum nya , haltersebut karena dari corak dan keseragaman warna dan juga dari tekstur dan ukuran nya.

3. Batu Andesit Motif Alur

Batu andesit jenis alur merupakan jenis batu alam andesit yang di potong sedemikian rupa hingga menjadi lempengan batu andesit yang memiliki corak atau model tertentu sesuai dengan desain umum di penjual batu alam.
 

Batu andesit jenis alur banyak sekali model dan jenis nya dan selalu berubah dari waktu ke waktu menyesuaikan dengan desain atau model terbaru yang akan datang, puluhan model batu andesit motif alur yang saat ini beredar di penjual batu alam seperti:

  • Batu andesit alur lurus
  • Batu andesit alur matahari
  • Batu andesit alur napoli
  • Batu andesit alur rel
  • Batu andesit alur matahari
  • Batu andesit alur catur
  • Batu andesit alur Bilik
  • dll

Batu andesit motif alur dipasang disekitar dinding baik itu luar rumah maupun dalam rumah, sebagian untuk tiang teras depan rumah juga bisa untuk pagar.

4. Batu Andesit Susun Sirih

Batu andesit jenis ini merupakan model batu andesit yang memiliki permukaan alami dan tidak rata dan memiliki ukuran yang unui atau ukuran khusus, ukuran batu susun sirih umum nya memiliki ukuran 3x20 cm, 3x30cm, 3x40cm 3x50cm dll.

 

Batu andesit susun sirih biasanya dipasang untuk dinding depan rumah, tiang teras depan rumah dan juga bisa dipasang di area ruangan keluarga untuk sebagian bidang, dan umum nya di belakang televisi atau menjadi background ruang keluarga.

5. Batu Andesit RTA (Rata Alam)

Batu andesit jenis ini merupakan jenis batu alam andesit yang memiliki tekstur tidak rata dan finishing nya menonjol tak beraturan, hal tersebut karena batu andesit RTA merupakan olahan dari kulitan batu andesit atau sisa pemotongan luar batu andesit.

Banyak yang menggunakan batu andesit jenis RTA bagi yang ingin memiliki tampilan yang lebih menonjol atau terlihat kesan batu alam nya, jenis batu ini biasanya di aplikasikan untuk pilar, untuk tiang dan juga untuk dinding pagar depan rumah dan sekitar taman belakang rumah.

Batu andesit RTA meiliki ukuran seperti 10x20 cm, 10x30 cm, 14x30cm, 20x40 cm, 5x30cm, 5x40 cm dan masih banyak ukuran jenis lain nya tergantung permintaan kebutuhan konsumen batu alam.

6. Batu Alam Palimanan

Batu alam jenis palimanan merupakan jenis batu hasil produksi batu alam daerah cirebon, batu palimanan yang memiliki warna yang unik dan memiliki corak khusus mirip seperti corak kayu menjadi keunggulan batu alam jenis palimanan ini, corak yang berwara kuning keemasan menjadi pilihan konsumen untuk menjadikan batu ini sebuah pilihan.


Namun masih ada lagi jenis batu palimanan lain nya seperti batu palimanan palm atau palimanan bobos, batu jenis ini cenderung berwarna putih sedikit krem dan kurang memiliki serat, hal tersebut dibedakan dari kedua bahan batu tersebut dan lokasi tambang jenis batuan tersebut.

Batu Palimanan banyak di aplikasikan untuk dinding depan rumah maupun dalam rumah,selain itu batu palimanan juga dapat dipasang di area sekitar taman belakang rumah.

7.  Batu Susun Sirih Palimanan

Batu susun sirih palimanan merupakan olahan batu palimanan seperti hal nya batu susun sirih andesit, batu susun sirih paliman juga memiliki dua tekstur corak, ada yang corak serat dan ada juga corak yang cenderung berwarna putih polos hal tersebut dibedakan dari bahan tambang batu tersebut.
 

Batu susun sirih palimanan bisanya dipasang di area dinding depan rumah , pagar , dak atas rumah, dan juga tiang teras depan rumah, saat ini batu susun sirih palimanan banyak dipasang untuk di kombinasikan dengan batu susun sirih andesit dan juga batu susun sirih merah.

Batu susun sirih palimanan memiliki beberapa ukuran, seperti 3x30cm, 3x40cm,3x50cm dll, menggunakan batu susun sirih andesit untuk tampilan desain finishing rumah adalah pilihan yang tepat untuk anda yang mau rumah nya terlihat mewah dan elegant.

8. Batu Palimanan RTA (Rata Alam)

Batu palimanan jenis ini paling banyak diminati dan di gandrungi, selain tekstur yang kasar seperti halnya jenis batu RTA lainya, batu jenis ini juga memili corak warna yang khas, banyak sekali yang mengaplikasikan jenis batu ini untuk tampilan dinding maupun pagar depan rumah, ada juga sebagian yang memasang di area dalam rumah atau interior.

Ukuran batu palimanan RTA banyak sekali ukuran seperti 5x20 cm, 5x30 cm, 10x20cm, 15x30cm, 20x40cm, 30x60cm dan ukuran jenis lainnya.

Dalam pengamat pengamatan kami batu RTA palimanan banyak di gunakan yuntuk tembok pagar depan rumah, selai perawatan yang minim juga aman dari tempelan sticker dan juga cat semprot tangan iseng, hal tersbut karena batu RTA palimanan memiliki tekstur yang kasar atau gradakan.

9. Batu Alam Paras Joga

Batu yang berasal dari daerah jawa tengah ini saat ini masih banyak di cari dan digunakan, terutama perumahan perumahan besar maupun kecil, batu yang memiliki tekstur warna yang krem atau putih ini menjadi pilihan terbaik untuk aplikasi dinding rumah.

Batu paras jogja dapat dipasang dengan berbagai pola seperti pola susun bata, pola acak maupun pola maju mundur atau pola random, batu paras jogja akan terlihat lebih elegant jika di pasang dengan model atau pola yang sesuai dengan desain rumah anda.

Selain itu harga batu paras jogja cenderung memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan batu alam jenis lain nya, dari hal itulah batu paras jogja saat ini masih banyak dicari dan di aplikasikan,

letak pemasangan batu paras jogja di antaranya cocok di pasang di dinding depan rumh, pagar depan rumah, tiang teras, kamar mandi, dan juga interior dalam rumah maupun sekitar taman.

10. Batu Alam Candi

Batu candi yang merupakan jenis batuan lava stone ini banyak di gunakan untuk tampilan atau desai model rumah minimalis, selain itu batu candi juga banayak digunakan untuk pembuatan kolam minimalis atau kolam hias dan juga kolam ikan koi.

Memiliki tekstur yang berpori dan cenderung berwarna gelap agak hitam batu candi di nobatkan sebagai batu alam berkesan minimalis sampai saat ini, selain itu harga yang relatif murah menjadikan batu candi sebuah pilihan terbaik lain nya.

Seperti hal nya batu alam lain nya, batu candi memiliki beberapa model finishing, seperti batu candi RTA, batu candi alur, dan juga batu candi jenis random..

11. Batu Alam Templek Purwakarta

Batu Templek purwakarta merupakan batu alam jenis lempengan yang berasal dari daerah purwakarta jawabarat ini saat ini masih banyak dicari dan digunakan untuk tampilan jenis rumah model tradisional atau tampilan model klasik.

Batu alam templek purwakarta diminati karena model nya yang tak beraturan dan itulah ciri khas batu tersebut, warna nya juga bervariasi ada abu abu dan juga agak kecoklatan dan ada sedikit corak karat nya menjadikan batu tersebut salah satu pilihan terbaik saat ini.

Pemasangan batu templek umum nya untuk dinding depan rumah, dan juga untuk pagar depan rumah, selain untuk dinding batu jenis ini juga bisa untuk di pasang di lantai, seperti lantai garasi, halaman maupun taman belakang rumah.

 

12. Batu Alam Templek Garut

Batu jenis ini sama bentuk nya dengan batu templek purwakarta, namun yang membedakan batu tersebut adalah dari segi warna nya, batu garut memiliki corak warna yang cenderung lebih gelap atau lebih hitam.

Batu templek garut saat ini masih populer dan banyak yang memakai, seperti batu purwakarta batu jenis ini memiliki tekstur acak dan tak beraturan , memasang batu jenis ini membutuhkan tenaga atau tukang yang khusus di bidang pemasangan batu alam jenis acak.

Pemasangan batu templek garut biasanya untuk di sekitar dinding depan rumah, pemasangan biasanya tidak full dinding namun hanya setengah atau sepertiga bidang dinding rumah tersebut yang di pasang.

13. Batu Wall Cladding ( Mozaik)

Batu jenis ini merupakan rangkaian batu alam satu jenis atau satu model batu alam yang dirangkai dalam satu lembar atau satu ukuran dengan bantuan resin dan jaring khusus dengan kombinasi yang teratur.

Selain corak satu jenis Batu Wall Cladding juga ada yang gabungan atau kombinasi dari berbagai corak atau jenis batu yang digabungkan dalam satu lembar, sehingga menghasilkan batu alam yang berwarna warni dengan corak yang indah tentunya.

Batu mozaik atau wall cladding umum nya untuk di aplikasikan pada dinding rumah dan juga tiang teras depan rumah, ada juga yang di pasang di area taman dan juga interior untuk ruang keluarga.

14. Batu Alam Hijau Sukabumi.

Batu jenis hijau sukabumi memiliki tekstur warna yang hijau dan cerah,batu jenis ini banyak digunakan atau di pasang si dinding kolam renang dan juga pelataran kolam renang, kamar mandi selai itu bisa untuk dinding rumah dan pagar depan rumah.

Batu sukabumi memiliki jenis corak lai nya, selai corak rata mesin juga ada yang corak RTA (Rata Alam) seperti hal nya batu andesit dan juga batu palimanan, batu sukabumi cocok untuk di apang di dinding depan rumag dan pagar depan rumah terutama batu sukabumi jenis RTA.

15. Batu Alam Pacito Roso (pacitan)

Batu pacitroso atau pacitan memiliki tekstur yang berbeda dengan batu alam jenis lain nya, bat jenis ini memiliki tekstur warna orange agak kekuningan dan memiliki urat khusus yang menjadi batu ini terlihat istimewa, selain itu batu ini juga tahan terhadap cuaca panas maupun hujan.

 

Batu pacito roso memiliki harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan batu alam jenis lain nya, hal tersebut karena batu jenis ini memiliki warna yang tidak dimiliki oleh batu jenis lain nya, maka tak heran hal tersebut jadi nilai tambah harga batu alam jenis batu pacito roso tersebut.

16. Batu Curi

Batu curi ialah batu alam yang memiliki tekstur unik , tekstur pori-pori besar menjadi salah satu keunikan batu jenis ini, batu curi memiliki beberapa model finishing yaitu jenis rata mesin, batu curi jenis acak, batu curi jenis random RTA.

Batu ini banyak dipasang untuk pagar maupun untuk dinding rumah, batuan jenis ini juga bisa untuk dinding depan rumah, umum nya jenis batu model acak yang banyak digunakan atau dipasang pada area tersebut.

Harga Batu curi juga berbeda beda tergantung corak maupun ukuran nya, harga batu curi jenis rtm memiliki selisih harga lebih tinggi di bandingkan jenis corak lain nya.

Banyak sekali ya model batu alam yang saat ini beredar di para penjual batu alam, tergantung kita memilih mana yang cocok untuk kita aplikasikan pada dinding maupun lantai rumah

Sebenarnya masih banyak juga jenis batu alam lain nya yang belum sempat kami share disini, mungkin suatu saat akan kami update di artikel selanjut nya.

Demikianlah artikel saat ini tentang 16 Pilihan Jenis Batu Alam Dinding Paling Banyak Dicari, Terimakasih semoga bermanfaat.

Cahaya Alam Stone
Cahaya Alam Stone Menjual berbagai macam jenis dan ukuran batu alam, pemasangan batu alam, koral sikat, taman, tebing air mancur dll