Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Coating Yang Tepat Untuk Batu Alam

Pelapisan (Coating) Yang Tepat Untuk Batu Alam - Batu alam untuk melapisi lantai dan dinding eksterior maupun interior rumah memang terlihat natural, klasik dan berkesan mewah. 
 

Menjadi primadona sebagai bahan bangunan rumah Anda, namun batu ini perlu perawatan agar tidak ditumbuhi lumut dan jamur.
 
Pelapisan (coating) yang tepat untuk batu alam perlu diperhatikan agar batu alam ini tampak mengkilat dan memukau bagi setiap penikmatnya.
 
Ada dua jenis coating yang dapat dipilih untuk melapisi batu alam pada lantai dan dinding rumah, yaitu clear coating dan invisible water repellent penetrating finish).

Clear Coating


Invisible Water Repellent (Penetrating Finish)
Clear coating merupakan cat pelapis yang menimbulkan lapisan mengkilat pada permukaan batu, sehingga menjadikannya tampak indah, menonjolkan guratan batu, bersih dan menampilkan kesan basah.

Coating ini tidak membuat lapisan pada permukaan batu, bersifat anti air, dan membuat batu terlihat alami.

Dalam memberikan pelapisan batu alam yang tepat perlu diperhatikan lokasi pemasangan batu alam tersebut. Batu alam yang diaplikasikan pada dinding luar kolam sering terlihat berlumut meskipun sudah diberikan coating. 

Ini disebabkan adanya rembesan air sehingga menyebabkan kondisi batu menjadi lembab dan memunculkan jamur dan lumut. Untuk mencegahnya, kolam harus diberikan waterproofing sehingga kebocoran pada dinding kolam dapat diatasi.

Jika batu alam yang dipasang adalah pada pagar, maka masalah yang sering muncul adalah biasanya dinding pagar seringkali berwarna putih disebabkan karena adanya alkali. Alkali ini terbawa oleh aliran air pada saat hujan, merembes melalui celah-celah batu dan membawa garam alkali keluar dari celah batu alam dan kemudian muncul warna putih. 

Oleh karena itu, diperlukan pengaturan yang hati-hati saat pemasangan batu alam sehingga air tidak menggenang di atas permukaan  pagar.

Produk Pelindung Batu Alam

 
Terdapat beberapa cat pelindung batu alam yang memiliki keunggulan masing-masing, serta karakter yang berbeda-beda. Jenis cat pelindung batu alam ini dapat digunakan baik di dalam maupun di luar ruangan dan penggunaannya dapat disesuaikan dengan jenis batu alam yang akan dicoating.

1. Propan Stone Care

Pelapis batu alam ini terbuat dari acrylic solvent based, jika diaplikasikan penampilan akhirnya  menjadi mengkilap. Cat ini tahan terhadap cuaca dan melekat kuat. Propan Stone care sangat tepat digunakan untuk batu berwarna tua seperti andesit atau batu pacitoroso.

2. Propan Aqua Stone Care

Pelapis cat batu alam ini terbuat dari bahan acrylic larut dalam air (waterbased). Keunggulan cat ini adalah tidak bau dan tahan terhadap cuaca. Sangat sesuai digunakan dengan batu berwarna terang, seperti batu bali green, palimanan dan lain sebagainya. Cat ini tidak mengubah warna alami batu alam, sehingga menonjolkan keindahan batu alam itu sendiri.

3. Propan Stone Care Cat Batu Candi

Terbuat dari bahan acrylic solvent based  dengan alkaline guard membuat pelapis ini memberikan warna hitam yang rata pada permukaan batu. Cat pelapis ini dapat menutupi kukurangan yang ada pada batu alam, seperti warna yang tidak merata. Cat pelapis ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada batu candi.

4. Sicosol

Sicosol adalah sejenis larutan silicon dalam solvent yang berfungsi untuk menjaga permukaan batu tetap kering dan bersih dan tidak mengubah penampilan alami batu. Pelapis yang berbentuk larutan ini sangat tepat diaplikasikan pada  batu palimanan, batu paras dan lain sebagainya. Sicosol ini dapat menonjolkan keaslian tekstur batu.

5. Siltop Coating Batu Alam

Produk siltop sudah banyak dikenal di tempat penjualan batu alam di jabodetabek dan sekitarnya, jenis coating yang tersedia yaitu jenis wetlook (glossy) Andesit dan Coating Candi

Harga coating siltop cuckup terjangkau sekitar rp. 50.000/ kaleng dengan mempunyai kualitas pelapisan yang cukup baik selama ini.

6. Coating Batu Alam Clear Coat

Coating batu alam yang cukup lama beredar dipasaran ini masih cukup eksis dan banyak peminat nya, selain harga yang relatif terjangkau juga memiliki daya sebar cukup luas jika di aplikasikan pada batu alam.

Beberapa jenis produk coating dari clear coat yaitu jenis : Natural , Candi Hitam, Candi Doff, Doff, Gloss, Andesit dll , harga Coating produk Clear coat sekitar Rp.60.000/ kaleng nya.

Jadi, dalam pemasangan batu alam yang tepat untuk dinding dan lantai rumah Anda, Anda juga perlu mempersiapkan pelapisan (coating) yang tepat untuk batu alam, sehingga batu alam penghias dinding dan lantai rumah Anda berkesan elegan, mewah, dan natural.

Cahaya Alam Stone
Cahaya Alam Stone Menjual berbagai macam jenis dan ukuran batu alam, pemasangan batu alam, koral sikat, taman, tebing air mancur dll