Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Coating Yang Tepat Untuk Batu Alam

Tips Memilih Coating Yang Tepat Untuk Batu Alam - Batu alam adalah bagian dari aksesoris yang digunakan pada bangunan dan kini semakin populer. Batuan ini telah terbukti mampu memberikan kesan yang lebih indah pada bangunan. 
 

Penggunaan batuan alam ini telah banyak digunakan pada rumah-rumah yang bergaya modern terutama untuk rumah minimalis. Alasannya selain memberikan kesan yang lebih menarik pada rumah, batuan ini mampu memberikan kesan alami dan asri.
 
Dengan menyadari banyaknya manfaat batuan alam untuk memperindah desain interior maupun ektsterior rumah, tak salah jika semakin banyak jual batu alam yang menawarkan berbagai jenis batuan alam yang bisa dipilih oleh konsumen sesuai desain yang diinginkan. 
 
Sebetulnya banyak jenis batuan yang dijual oleh jual batu alam, namun yang sering dipergunakan untuk bangunan adalah batu andesit, keramik, marmer, batu candi, koral dan masih banyak lagi.
 
Untuk pemasangan batu alam, Anda menggunakan jasa tukang pemasangan batuan alam. Akan tetapi jika Anda ingin belajar sendiri untuk memasangnya maka Anda bisa mencari referensi mengenai proses pemasangan batuan alam ini. 
 
Pada proses pemasangan batuan alam, tahap yang tak boleh ketinggalan adalah pelapisan atau coating. Tahap ini merupakan tahap akhir dari pemasangan batuan alam.

Tujuan dari coating ini adalah untuk membuat batuan alam yang dipasang menjadi lebih tahan lama dan lebih mengkilap. 

Coating batuan alam biasanya dibuat dari bahan Acrylic Resin yang dibuat agar batuan lebih tahan terhadap berbagai cuaca serta lebih menonjolkan warna alami dari batu tersebut. Coating untuk batuan alam ini sebenarnya terdapat beberapa jenis sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tips Memilih Coating Yang Tepat Untuk Batu Alam

Berikut ini akan dijelaskan tips memilih coating yang tepat untuk batu alam yang dipasang pada rumah Anda.

1.Natural

Jenis coating batuan alam yang pertama adalah natural. Jenis coating ini bisa Anda gunakan pada batuan yang berwarna cream, putih, batu paras jogja, dan batu paliaman. Coating natural ini akan melindungi batuan dari bahaya lumut, kotoran, air dan debu sehingga batuan lebih mudah dibersihkan. Tak perlu khawatir karena coating ini tak akan mengubah warna asli dari batuan yang Anda pasang.

2. Candi (hitam)

Batu candi memiliki warna hitam sehingga untuk jenis coatingnya juga lebih khusus yaitu menggunakan coating candi. Penggunaan coating ini bertujuan untuk mempertahankan warna hitam pada batu candi tanpa mengurangi nilai natural yang terkandung pada batu candi. Selain itu, caoting candi ini juga bisa digunakan pada batuan andesit agar batu tersebut semakin hitam.

3. Gloss

Jenis coating ini memiliki ciri khas bening dan mengkilap jika digunakan pada batuan alam. Biasanya coating digunakan untuk melapisi batu paliaman, andesit, fosil dan lain sebagainya. Dapat dikatakan bahwa jenis coating ini bisa dipergunakan untuk semua jenis batuan alam.

4.Coating andesit

Untuk jenis coating ini digunakan hanya untuk batuan andesit. Sebetulnya coating ini hampir mirip dengan coating gloss akan tetapi coating ini memiliki warna lebih gelap sehingga akan menghasilkan batuan alam yang lebih gelap dan mengkilap.

5. Doff

Coating satu ini digunakan untuk batuan andesit dan hasilnya batuan akan terlihat basah tapi tdak mengkilap. Keunggulan coating ini adalah batuan akan terlihat seperti warna aslinya dan tidak mengalami perubahan warna.

Jenis coating di atas bisa Anda gunakan untuk berbagai jenis batu alam terutama batu alam untuk dinding. Sedangkan batu alam untuk lantai tidak membutuhkan coating karena permukaan lebih halus dan pori-porinya lebih kecil sehingga jika kotor lebih mudah dibersihkan.

Itulah penjelasan mengenai tips memilih coating yang tepat untuk batuan alam yang Anda pasang pada rumah Anda. 

Dengan menggunakan coating kini Anda tak perlu khawatir batuan alam akan terkena kotoran atau berlumut. Terlebih untuk harga batu alam yang mahal, pasti Anda akan memberikan perawatan yang lebih khusus salah satunya menggunakan coating yang tepat.

Cahaya Alam Stone
Cahaya Alam Stone Menjual berbagai macam jenis dan ukuran batu alam, pemasangan batu alam, koral sikat, taman, tebing air mancur dll