Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memasang dan Merawat Batu Alam Dinding Yang Benar

Tips Memasang dan Merawat Batu Alam Dinding Yang Benar – Memberikan keindahan pada dinding rumah merupakan suatu keharusan pada setiap rumah modern saat ini. 

 

Dan tentunya sudah menjadi rahasia umum jika menghias dinding rumah menggunakan batu alam adalah pilihan terbaik bagi para arsitektur dan pemilik rumah.

Untuk mewujudkan itu semua, ada beberapa tahapan yang harus di lakukan agar batu alam dinding nampak indah dan bersih sepanjang waktu.

Pemasangan dan pemilihan Batu alam dinding yang tepat serta perawatan berkala yang baik dapat anda wujudkan untuk memiliki dinding batu alam sesuai dengan kriteria batu alam dinding yang anda sukai.

Tips Pemasangan Batu alam Dinding Yang Benar

Tahapan yang harus di lakukan pada pemasangan batu alam dinding diantaranya :

1. Anda harus mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan

Paku beton, benang, adukan semen. Pemasangan benang digunakan untuk acuan agar pemasangan batu alam bisa rapi, siku dan rata. Kemudian siapkan batu alam yang ingin anda aplikasikan pada dinding.

Jenis batu alam dinding yang anda pilih bisa berbentuk siku agar mudah dalam pemasangan. Batu alam andesit, batu alam palimanan, batu alam cupang merah merupakan batu alam yang populer saat ini.

Apabila batu alam tersebut tidak siku maka bisa dibuat siku sendiri dengan alat pemotong keramik. Dan untuk finishing siapkan pelapis/coating untuk melapisi permukaan batu alam agar tidak mudah berlumut.

2. Persiapkan dinding yang akan ditempel batu alam

Dengan cara mengupas atau dibobok pada permukaan dinding secara acak. Hal ini dilakukan agar adukan semen dapat merekatkan antara batu alam dengan dinding dengan baik.

Pasang paku beton pada bagian atas dinding yang dipasang benang. Benang ini akan digunakan sebagai acuan untuk pemasangan batu alam agar siku.

3. Sebelum di pasang batu alam harus di basahi atau di rendam dengan air

Hal ini digunakan untuk menjaga kelembaban. Seperti yang kita tahu batu alam mempunyai pori yang besar.

Apabila terlalu kering maka akan cepat menyedot air dalam adukan semen saat dipasang. Oleh karena itu agar dapat merekat sempurna maka dibasahi terlebih dahulu.

4. Sampai pada tahap pemasangan batu alam dinding

Pemasangan bisa dimulai dari bawah terlebih dahulu. Jangan lupa diberi ganjal agar tidak merosot. Anda bisa menggunakan adukan semen pasir atau semen khusus semen instan agar dapat merekat dengan baik.

Untuk adukan semen pastikan bahwa proporsi semen yang baik dan saran kami gunakan tukang yang berpengalaman. Anda bisa menggunakan teknik pemasangan maju mundur untuk menambah nilai estetika.

Setelah pemasangan, akan keluar sisa-sisa semen dari samping batu alam. Harus cepat dibersihkan agar tidak kering.

5. Coating Atau Pernish Batu Alam

Setelah pemasangan selesai maka langkah terakhir adalah melapisi batu alam dengan cat pelindung batu alam yaitu coating batu alam agar tidak mudah berlumut.

Penggunaan cat pelindung dapat anda lakukan tiap 6 bulan sampai 1 tahun sekali tergantung dari perawatan yang dilakukan. Dan perawatan batu alam dinding dapat anda lihat pada tips di bawah ini.

Tips Merawat Batu Alam Dinding

Perawatan batu alam dinding tidak memerlukan teknik yang begitu rumit. Jika ada kotoran yang menempel, kita bisa membersihkan dengan cara menyemprotkan air menggunakan selang pada dinding, hal tersebut bisa dilakukan dari atas ke bawah.

Namun, jika debu atau kotoran yang menempel tersebut tidak bisa hilang atau terlepas, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah menggunakan sikat dan kuas untuk membersihkannya.

Jika perlu, sebelum dilakukan penyikatan dinding tersebut dibasahi atau disiram dengan air yang dicampur sabun. Setelah disikat bersih, dinding tersebut disiram lagi menggunakan air yang bersih.

Untuk menghindari adanya lumut yang tumbuh, terutama ketika datang musim hujan, sebaiknya batu tersebut diberi lapisan atau coating yang jenisnya disesuaikan dengan jenis batu yang digunakan.

Penggunaan coating ini harus dilakukan minimal enam bulan hingga satu tahun sekali untuk menjaga agar dinding rumah selalu terlihat indah alami.

Demikian Tips Memasang dan Merawat Batu Alam Dinding semoga bisa menjadi manfaat bagi anda. Untuk menginspirasi anda dalam pembuatan rumah, kami memiliki desain rumah batu alam yang termuat pada artikel sebelumnya Rumah Batu Alam Inspiratif.

Cahaya Alam Stone
Cahaya Alam Stone Menjual berbagai macam jenis dan ukuran batu alam, pemasangan batu alam, koral sikat, taman, tebing air mancur dll