Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Coating Pernis Batu Alam Berikut Jenisnya

Cara Menggunakan Coating Pernis Batu Alam Berikut Jenisnya - Setelah kita melakukan pemasangan batu alam tentu agar terlihat lebih bersih dan mengkilap perlu adanya melakukan coating pada batu alam tersebut, selain memberi kesan kilap.
 

manfaat dari coating atau pernish batu alam juga untuk melindungi batu alam dari tumbuhnya lumut dan jamur maupun kotoran debu yang melekat atau menempel. 
 
Coating batu alam atau pernis batu alam adalah jenis larutan ACRYLIC RESIN yang dibuat dengan formulasi khusus untuk di aplikasikan pada permukaan batu alam yang dapat memberi kesan lebih baik pada batu alam itu sendiri.

Penggunaan coating pada batu alam dapat membuat batu alam lebih tahan terhadap cuaca, karena cara coating batu alam adalah meresap dan melapisi dinding pori-pori batu alam, sehingga air (hujan) tidak dapat lagi masuk ke pori-pori batu.

Hal tersebut dapat membuat batu alam bertahan lebih lama dibandingkan dengan tidak menggunakan coating batu alam, selain itu tekstur batu alam lebih timbul dan mencolok dan mempertajam kesan dari corak atau warna batu alam itu sendiri.

Harga coating batu alam juga relatif murah untuk memperpanjang usia batu alam itu sendiri, harga coating batu alam berkisar antara Rp. 50.000 sampai Rp. 65.000/ kaleng nya sesuai dengan jenis coating itu sendiri.

 

 Cara Menggunakan Coating Pernis Batu Alam

 
  1. Bersihkan batu dari sisa semen, debu, minyak, cat atau kotoran
    lainya supaya coating dapat meresap dan menempel sempurna pada permukaan
    batu alam.
  2. pastikan cuaca panas atau tidak hujan dan batu kering dari air sisa pembersihan tadi dan harus benar-benar kering.
  3. lapiskan/cat
    kan coating batu alam pada batu memakai kuas atau bisa juga di semprot
    pakai kompresor untuk hasil yang lebih sempurna.
  4. setelah
    pelapis pertama kering (15-20menit) dapat dilakukan pelapisan
    berikutnya bila di inginkan, tetapi satu lapis juga sudah bagus
    ,penggunaan lapisan ke 2 bila menginginkan hasil yang lebih maksimal.
    pastikan seluruh batu dilapisi dengan merata supaya tidak terlihat
    belang hasilnya.
  5. daya sebar 1kaleng/1liter coting
    bisa  melapisi 5-8 mtr2 tergantung jenis batu dan porositas batu,
    biasnya untuk batu candi penggunaan lebih boros karena jenis batu
    tersebut mempunyai pori-pori yang banyak dan lebar.
  6. Dalam keadaan cuaca panas coating akan kering sekitar 1-3jam namun untuk hasil maksimal maka dibutuhkan waktu sekitar 24 jam

 

 Jenis Jenis Coating Batu Alam:

1.Coating Natural

Coating batu alam natural dikhususkan untuk jenis batu berwarna putih, cream atau motif serat contoh batu paras jogja atau palimanan dikarenakan jenis coating tersebut berjenis natural maka tidak menimbulkan perubahan jenis warna pada warna batu tersebut tetapi dapat melapisi dari serangan lumut , debu, air dan kotoran jenis lain nya sehingga mudah dibersihkan, jadi hasilnya tetap natural seperti warna batu aslinya.

2.Coating Candi (Hitam)

Jenis coating batu alam ini tentu di khusus kan untuk jenis batu candi yang cenderung berwarna hitam dan berpori, kegunaanya adalah meningkatkan warna hitam pada batu candi tanpa mengurangi kesan alami dari batu tersebut.

sangat cocok diaplikasikan pada batu candi, tapi saat ini coating batu candi  dapat juga di aplikasikan untuk batu andesit agar supaya warna batu andesit jadi lebih hitam pekat, tapi kembali ke selera pemakai untuk  kebutuhan warna yang diperlukan.

3.Coating Gloss

Coating jenis gloss adalah coating batu alam yang berjenis bening dan memberi kesan hasil kilap pada permukaan batu alam, coating jenis ini banyak dipergunakan  untuk melapisi berbagai jenis batu alam seperti batu andesit, palimanan, fosil,sukabumi, templek dll. dan hampir semua jenis batu alam menggunakan jenis coating ini karena kesan basah dan mengkilapnya yang banyak di gandrungi oleh pengguna batu alam.

4. Coating Andesit

Jenis coating batu alam ini biasanya di khususkan untuk batu jenis andesit , hasil finishing nya hampir sama dengan coating gloss cuman ada perbedaan dari warna nya yaitu agak gelap atau hitam jadi hasil finishingnya adalah basah mengkilap tapi agak gelap atau jenis warna batu jadi lebih tua dari warna batu aslinya.

5. Coating Doff

Jenis coating batu alam ini untuk jenis andesit, warna finishing nya yaitu basah tapi tidak mengkilat ,warna yang dihasilkan seperti warna batu aslinya tidak ada perubahan warna yang signifikan memakai jenis coating ini.

Demikian penjelasan coating batu alam dan cara mengaplikaskan nya pada batu semoga bermanfaat.

Jika saudara sekalian memerlukan coating batu alam , Kami CAHAYA ALAM STONE juga menjual berbagai jenis coating batu alam untuk keperluan finishing/perawatan batu alam di bangunan anda

Pencarian terkait: cara meng coating batu alam, coating batu alam mowilex, pernis keramik batu alam, harga coating batu alam per m2, pengkilap batu alam, pilihan warna cat batu alam, cara menghilangkan coating pada batu alam, cairan pembersih batu alam

Cahaya Alam Stone
Cahaya Alam Stone Menjual berbagai macam jenis dan ukuran batu alam, pemasangan batu alam, koral sikat, taman, tebing air mancur dll