Batu Alam Dinding Palimanan Batuan Terbaik

0
571
 Kenali Batu Palimanan sebagai Batuan Terbaik
 Kenali Batu Palimanan sebagai Batuan Terbaik

 Kenali Batu Palimanan sebagai Batuan Terbaik – Batu Palimanan banyak terdapat di Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon. Daerah ini merupakan perbukitan yang terbentuk dari hasil aktivitas vulkanik dan geologi tepatnya di sekitar gunung Ciremai. Batu ini sendiri terbentuk karena proses sedimentasi butir-butiran pasir, sehingga batu alam ini disebut juga batuan sandstone.
 

Jenis batu palimanan.

Bagi pecinta batu alam, batu palimanan termasuk salah satu batu alam yang unik dan langka. Warnanya yang dominan kuning dan berpola tidak beraturan menjadi ciri khas tersendiri bagi batu alam ini. Batu palimanan banyak dipakai untuk diaplikasikan pada dinding rumah,  pagar, ataupun dinding taman hias.

Keistimewaan lainnya adalah batu palimanan memiliki 3 jenis yang dapat Anda sesuaikan dengan selera Anda, yaitu batu palimanan kuning, batu palimanan emas, dan batu palimanan putih. Batu palimanan putih memiliki tingkat kekerasan yang tinggi dibandingkan batu alam kuning maupun batu palimanan emas.

Selain itu, batu alam palimanan diproduksi dengan beragam jenis finishing, ada finishing rata alam, susun sirih, dan motif alur. Proses finishing sendiri menambahkan proses honed dan polished.

Variasi Finishing Batu Palimanan
Batu palimanan rata mesin dapat divariasikan dengan finishing motif alur.     Finishing motif alur sendiri dapat dibedakan menjadi motif alur napoli, motif alur anyaman, motif alur lurus, motif alur gelombang dan lain sebagainya. Motif alur sangat tepat diaplikasikan pada dinding interior rumah, dinding teras, dinding restaurant, dinding hotel, dan lain sebagainya.

Batu alam palimanan juga memiliki ukuran yang bervariasi. Ada ukuran 10x20cm, 15×15 cm, 15x30cm, 20x40cm, 30x30cm.Ukuran-ukuran ini dengan disertai batu alam rata mesin dan rata alam yang kisaran harganya diantara Rp.80.000-Rp.100.000/meter perseginya. Jika ditambahkan dengan motif alur maka kisaran harganya bertambah Rp. 20.000/meter perseginya.

Sebelum diaplikasikan Finishing rata mesin batu palimanan diproses lagi dengan proses honed. Proses ini dilakukan dengan menggosokkan piringan intan yang bertujuan untuk menghaluskan permukaan bantuan, sampai tingkat kehalusan tertentu. Setelah melakukaan proses honed, dilakukan pula proses polished. Proses ini dilakukan dengan cara menggosokkan piringan intan dengan menambahkan bahan kimia tertentu untuk memunculkan kilap seperti kaca pada permukaannya serta mempertegas warna karakter pada batu palimanan.

Biaya pengaplikasian batu alam  palimanan dengan menggunakan finishing honed adalah dengan menambah Rp.35.000 per meter perseginya. Sedangkan, untuk batu palimanan yang menggunakan finishing polished adalah dengan menambahkan biaya sebesar Rp. 85.000 per meter perseginya.

Batu palimanan memiliki tingkat kekerasan yang cukup tinggi namun tingkat kekerasannya masih di bawah lavastone, ini menyebabkan daya serap airnya lebih besar dari batu alam andesit. Inilah yang menyebabkan batu palimanan mudah berlumut, sehingga diperlukan proses coating (pelapisan) jika batu alam palimanan ingin diaplikasikan pada bagian eksterior rumah. Coating itu sendiri memiliki tiga jenis yaitu coating glossy, natural, dan dof. Pelapisan (coating) ini lebih baik dilakukan maksimal enam bulan sekali atau minimal setahun sekali.

 

Daftar Harga Batu Palimanan

–    Harga batu alam palimanan ukuran 10×20 cm = Rp. 80.000,-/m2
–    Harga batu alam palimanan ukuran 15x15cm = Rp. 80.000,-/m2
–    Harga batu alam palimanan ukuran 15×30 cm = Rp. 90.000,-/m2
–    Harga batu alam palimanan ukuran 20×40 cm = Rp. 95.000,-/m2
–    Harga batu alam palimanan ukuran 30×30 cm = Rp. 95.000,-/m2

Variasi Finishing
–    Motif alur = harga batu alam rata mesin + Rp. 20.000
–    Finishing honed = harga batu alam rata mesin + Rp. 35.000
–    Finishing polished = harga batu alam rata mesin  + Rp. 85.000

Demikianlah artikel saat ini tentang Kenali Batu Palimanan sebagai Batuan Terbaik , semoga menambah wawasan kita tentang Batu Alam Palimanan , terimakasih semoga bermanfaat.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here