Tips Merawat Batu Alam Pada Lantai Dan Dinding Rumah

Tips Merawat Batu Alam Pada Lantai Dan Dinding Rumah-Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa untuk merawat batu alam memerlukan perhatian khusus sehingga tak jarang pula banyak pula yang enggan menggunakan batuan ini untuk hiasan dekorasi rumah. Sebetulnya batuan ini tidak membutuhkan perawatan yang ekstra dan jika pemasangan serta pelapisannya tepat maka Anda tak perlu khawatir jika tak sempat membersihkannya.

Dengan semakin banyaknya permintaan batuan lama ini maka tak salah jika pihak jual batu alam juga menyediakan beragam jenis batuan alam. Jenis batuan tersebut diantaranya adalah batu andesit, batu candi, marmer, keramik, batu pasir dan masih banyak lagi. Tentunya masing-masing jenis batuan tersebut memiliki karakteristik serta harga jual batu alam yang berbeda. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui masing-masing karakteristik batuan alam agar lebih mudah dalam perawatannya.

Tips Merawat Batu Alam Pada Lantai Dan Dinding Rumah


Bagi Anda yang telah menggunakan batuan alam pada bangunan rumah Anda tentu berupaya agar batuan tersebut tetap terlihat indah dan kinclong. Sedangkan bagi Anda yang masih ragu untuk menggunakan batuan alam karena takut perawatannya, maka berikut ini akan dijelaskan tips merawat batu alam pada lantai dan dinding rumah.

1.Gunakan bahan lembut
Tips merawat batuan alam yang pertama adalah dengan menggunakan bahan yang lembut misalnya kain yang empuk, spons atau sikat dengan permukaan yang lembut. Untuk membersihkan batuan ini Anda bisa memulainya dengan cara gerakan memutar agar batu tidak tergores selama proses pembersihan.

2. Cairan sabun
Untuk membersihkan batuan, Ada bisa menggunakan cairan yang dibuat dari sabun dengan PH netral yang dicampur dengan air. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa menggunakan sabun untuk mencuci piring yang berbentuk cair. Selain itu, Anda bisa menggunakan campuran amonia dan air. Tak perlu khawatir karena amonia ini memiliki PH yang basa sehingga tak akan merusak permukaan batu alam.

3. Semprotkan air dengan keras
Untuk menghilangkan kotoran yang membandel dan telah menempel pada permukaan batuan, maka Anda bisa menggunakan air. Caranya dengan menyemprotkan air secara keras lalu bisa sambil disikat secara memutar. Tak lupa pula untuk menggunakan campuran air sabun untuk memudahkan merontokkan kotoran yang menempel tersebut. Untuk membersihkan kotoran maupun debu, sebaiknya pembersihan dilakukan mulai dari bagian atas ke bawah.

4. Lap dengan handuk lembut
Pada saat proses pembersihan batuan telah selesai maka gunakan lap empuk atau handuk yang lembut agar batuan menjadi kering. Setelah kering, Anda bisa memeriksa kondisi coatinganya apakah mengelupas atau tidak. Apabila coating tersebut tetap bagus dan tidak mengelupas maka proses pembersihan batuan telah selesai. Akan tetapi jika coating terlihat mengelupas  maka Anda harus segera melakukan coating ulang sebanyak 3 lapis agar batu lebih terlindungi dan lebih terlihat kinclong.

Tips merawat dan membersihkan batuan alam yang telah dijelaskan di atas bisa Anda praktikkan pada batu alam untuk dinding. Sedangkan batu alam untuk lantai bisa Anda rawat dengan cara menggunakan keset pada pintu masuk rumah agar kotoran atau debu tidak merusak lantai jika tersangkut pada sepatu atau sandal. Selain itu, gunakan alas untuk perabotan rumah yang diletakkan pada lantai batu alam. Misalnya pot sebaiknya ditaruh di atas alas pot dan meletakkan kursi dan meja tamu dialasi dengan karpet.

Itulah tips merawat batu alam pada lantai dan dinding di rumah Anda.  Tips di atas sangat mudah untuk Anda lakukan serta sebaiknya dilakukan secara rutin untuk memperoleh hasil yang lebih bagus dan batuan lebih awet dan terjaga keindahannya. Lakukanlah konsultasi dengan pihak penjual batuan alam atau tukang pasang batuan alam untuk mengetahui karakteristik batuan tersebut serta perawatan yang tepat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Merawat Batu Alam Pada Lantai Dan Dinding Rumah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar di kolom di bawah ini, berkomentarlah dengan sesuai topik dan pembahasan, komentar jangan mengandung unsur sara, tidak sopan atau tidak senonoh atau fornografi, dan komentar yang menyertakan link aktif akan dihapus secara otomatis. Terimakasih