Tips Dan Cara Memilih Batu Alam Untuk Dinding Rumah

Iklan
Tips Dan Cara Memilih Batu Alam Untuk Dinding Rumah - Memilah dan memilih batu alam sebelum kita membeli dan juga memasang batu alam untuk dinding maupun untuk rumah atau lantai merupakan salah satu hal yang wajib atau langkah pertama yang harus kita lakukan sebelum memasang atau membeli batu alam di penjual batu alam, banyak cara yang perlu di perhatikan sebelum kita membeli batu alam untuk di aplikasikan atau di pasang pad rumah kita.

Ada beberapa cara yang mudah dan praktis untuk kita dalam hal menentukan pemilihan batu alam yang tepat atau sesuai dengan keinginan kita dengan tanpa mengesampingkan ketepatan fungsi dan manfaat dari batu alam itu sendiri diantaranya yaitu fungsi kekuatan, keindahan, dan keserasian dengan lingkungan itu sendiri.

Alangkah baiknya jika anda datang langsung ke showroom atau lapak penjual batu alam secara langsung, selain lebih terpercaya dan terjamin juga kita dapat meminta andangan atau nasihat secara langsung, selain itu juga kita bisa melihat secara langsung batu alam yang akan kita beli dan tidak hanya cuma melihat di layar atau gambar saja, selain itu banyak juga di pajang pilihan jenis batu alam nya dan dapat juga meminta saran dalam pemilihan nya dengan tepat.



Beberapa cara dalam memilih dan menentukan batu alam yang akan kita beli dan kita pasang yaitu:

1. Memperhatikan Sifat Batu

Batu alam yang dijual oleh pelapak atau penjual batu alam tentu memiliki berbagai pilihan dan jenis batu alam, banyak sekali jenis batu alam yang dijual denga karakteristik yang berbeda-beda pula , secara kasat mata memang measang batu alam sesuai keinginan kita adalah menjadi suatu pilihan akan tetapi jangan salah kita juga wajib memperhatikan sifat batu itu sendiri, apakah tahan terhadap cuaca atau tidak , apakah cocok dipasang di interior rumah atau untuk eksterior rumah saja selain itu biaya perawatan kedepannya juga perlu diperhatikan.

Dalam memilih batu juga perlu diperhatikan sifat batu tersebut solid atau non solid, batu nonsolid biasanya hanya untuk interior saja sedangkan batu solid dapat digunakan untuk eksterior dan juga interior.

 Batu Solid
Batu Jenis solid memiliki tekstur yang keras dan padat dan tidak mudah patah, Batuan jenis tersebut tidak menyerap air karena tidak memiliki pori-pori yang besar, selain itu keunggulan batu solid yaitu tidak mudah berlumut sehingga cocok untuk di pasang di bagian eksterior seperti dinding pagar dan juga garasi

Contoh batuan solid atau batuan beku metamorf yaitu jenis batu Andesit, batu pacitoroso dan jenis, jenis batu lain nya yang mempunyai karakter keras dan padat.

 Batu Non Solid
Sedangkan Batu non solid lebih cocok untuk dipasang atau di aplikasikan hanya untuk bagian interior saja, batu nonsolid biasanya mempunyai karakter lunak, lembut kadang berpori dan mudah patah, pada umum nya batu non solid berwarna cerah seperti jenis batu aras jogja dan juga batu palimanan sehingga sangat cocok untuk aplikasi interior rumah .

2. Sesuaikan Dengan Gaya Dan Model Rumah

Pemilihan batu alam memang seharus nya di sesuai kan dengan model atau gaya rumah itu sendiri, Untu model rumah bergaya minimalis sebaiknya menggunakan batu yang mempunyai tekstur warna yang polos dan juga kalem sehingga dapat serasi dengan gaya bangunan, batu yang cocok untuk model minimalis yaitu jenis batu andesit, batu purwakarta dan sejenis nya.

Pemasangan batu alam yang memiliki pola rapi dan dan tersusun dengan berbagai pola seperti jenis batu susun sirih sebenarnya sangat cocok untuk di aplikasikan pada rumah dengan jenis atau tipe minimalis.

Sedangkan untuk bangunan atau rumah yang bergaya eropa klasik atau meditrania sebaiknya menggunakan jenis batu alam yang semiformal atau elegan contoh batu yang cocok yaitu jenis batu pacitoroso, batu palimanan dan batu paras jogja,

Untuk rumah atau bangunan bergaya tropis sebaiknya menggunakan batu alam yang fleksibel atau menggunakan pemasangan batu alam yang fleksibel, contoh nya batu alam yang cocok untuk rumah bergaya tropis yaitu jenis andesit , purwakarta dan lain-lain, model pemasangan nya pun bisa digunakan dengan model random atau gaya atau pola koboi bandung dengan pola pemilihan batu yang kalem dan sedikit lebih gelap.

Untuk rumah yang mempunyai gaya tradisional sebaiknya menggunakan jenis batuan belah, batuan acak atau batuan jenis templek dan atau bisa juga dengan jenis batuan RTA atau Rata Alam.

3. Sesuaikan Dengan Anggaran Yang Tersedia

Untuk mendapatkan batu alam tentu kita harus memilih dan menyesuaikan dengan budget atau keungan yang kita miliki, semakin solid atau berkarakteristik keras maka akan semakin tinggi dan mahal harga batu alam tersebut, harga batu alam umum nya di kisaran harga Rp. 55.000- Rp 200.000 harga batu tersebut masih bisa berubah tergantung dari jenis dan juga ukuran nya.

Disamping itu ada juga penjual batu alam yang menjual batu alam berikut paket pemasangan nya , jika kita membeli batu alam dengan paket pemasangan tentu lebih mahal akan tetai kita tidak perlu repot untu memasang dan juga mendesain batu alam tersebut, untuk kisaran arga paket batu alam berikut pemasangan berkisar di antara Rp. 300.000 sampai Rp. 800.000 untuk permeter persegi nya.

4. Cermati Bahan-Bahan Yang Digunakan

Selain batu alam bahan bahan lain pendukung batu alam yang perlu diperhatikan yaitu seperti adukan dan semen, coating dan juga ornamen pendukung lain nya.

Saat ini sudah beredar bahan atau semen khusus untuk memasang batu alam ya walaupun memiliki harga yang lebih mahal tapi kualitas daya rekat yang maksimum tentunya, jika anda menggunakan semen dan pasir biasa maka komposisi yang tepat untuk membuat adukan atau adonan yaitu dengan komposisi 1: 3

Penggunaan coating batu alam yaitu untuk pelindung batu alam dari serangan jamur, lumut dan juga debu, selain itu juga dapat menimbulkan karakteristik dari batu alam tersebut, batu alam akan terlihat lebih menonjol teksturnya.

5. Kreatif Dan Menghasilkan

Memasang batu alam memang kita harus keratif dengan membuat model atau pola-pola tertentu atau juga dengan menggabungkan atau mengkombinasikan beberapa model dan jenis batu alam dalam satu model atau bidangan.

Karena keindahan yang kita dapatkan dari batu alam bukan hanya dari jenis atau batu alam itu sendiri tapi dari cara, model dan juga cara pemasangan nya juga , pemasangan batu alam dengan ide-ide kreatif daat menghasilkan pemasangan batu alam yang indah dan juga elegan.

Jika kita akan memasang dan membeli batu alam alangkah baiknya kita menggunakan tips-tips di atas agar dapat memasang batu alam dengan kualitas baik dengan harga yang sesuai dengan kantong anda.

Demikianklah artikel kali ini tentang Tips Dan Cara Memilih Batu Alam Untuk Dinding Rumah , semoga membantu dan bermanfaat.
Terimakasih.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Dan Cara Memilih Batu Alam Untuk Dinding Rumah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar di kolom di bawah ini, berkomentarlah dengan sesuai topik dan pembahasan, komentar jangan mengandung unsur sara, tidak sopan atau tidak senonoh atau fornografi, dan komentar yang menyertakan link aktif akan dihapus secara otomatis. Terimakasih