Mengenal Dinding Batu Alam Andesit

Mengenal Dinding Batu Alam Andesit - Berbagai batuan banyak dihasilkan oleh alam. Berbagai macam batuan ini memiliki fungsi yang sangat besar bagi kehidupan manusia terutama  digunakan untuk berbagi macam bangunan. Tekstur batu yang indah serta memiliki sifat yang keras menjadikan batu alam cocok dipakai untuk melengkapi eksterior rumah.

Batu alam mudah untuk didapatkan karena jumlahnya yang melimpah di alam, namun bukan berarti kita bisa menggunakannya tanpa batas. Kelestarian alam juga tetap harus dijaga dengan melakukan penambangan batu yang aman tanpa merusak lingkungan.

Terdapat banyak jenis batuan yang berasal dari alam. Batuan tersebut memiliki jenis dan fungsi yang berbeda. Batu alam yang digunakan sebagai pondasi rumah, biasanya berukuran lebih besar kemudian dipecah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Sedangkan batu alam untuk eksterior rumah biasanya berbentuk persegi atau persegi panjang karena sudah mengalami proses pemotongan dari pengrajin batu.



Sebagai bahan pelengkap eksterior rumah, batu alam bisa digunakan sebagian dinding batu alam, lantai, tiang depan rumah, taman, dan pagar. Salah satu ekseterior rumah yang kini menjadi banyak perhatian adalah dinding batu alam. Dinding yang berasal dari beton, dibagian luarnya dilapisi dengan batu alam untuk mempercantik tampilan dan memberikan kesan alami.

Batu Andesit sebagai Dinding batu Alam

Melengkapi desain ekterior rumah agar menjadi dinding batu alam maka bisa menggunakan jenis batu alam andesit. Batu andesit dipilih sebagai bahan dinding batu alam karena batu ini memiliki sifat yang keras dan memiliki warna khas abu-abu gelap. Warna ini jika dipakai sebagai dinding batu alam akan memberi kesan elegan dan sejuk.

Sifat batu andesit yang keras, membuatnya sangat cocok sebagai bahan dinding batu alam. Keunggulan lain dari batu ini adalah ketahanannya terhadap lumut dan kelembaban. Permukaan batu andesit ada yang bermotif bintik dan ada pula yang polos. Motif ini juga bisa menambah keindahan eksterior rumah Anda.

Batu andesit memiliki bentuk permukaan yang beraturan dan adapula yang tidak beraturan. Untuk batu andesit yang bentuknya tidak beraturan biasa disebut sebagai batu alam andesit rata alam.
Batu andesit jenis ini selain bentuknya tidak beraturan dan terkesan timbul, dan dijual dengan harga yang lebih murah.  Harga yang murah dikarenakan batu ini merupakan kulit dari batu andesit yang dipotong untuk keperluan jenis batu andesit polos bakar dan jenis alur.

 Batu andesit jenis laur biasanya sering dipakai sebagai bahan dinding batu alam. Batu andesit alur terdiri dari dua jenis yaitu andesit alur napoli ukuran 20x40 cm dan andesit alur napoli tengah ukuran 15x30 cm dan 10x20 cm.

Dalam memilih batu andesit yang akan dijadikan sebagai dinding batu alam, sebaiknya pilihlah batu yang berkualitas baik dengan ciri-ciri bentuknya simetris dan memiliki ketebalan yang sama antara batu satu dengan yang lain. Batu yang berkualitas baik akan memudahkan dalam proses pemasangan pada dinding dan menghasilkan dinding batu alam yang rapi.

Sebelum memasang batu andesit pada dinding, maka rendamlah batu tersebut di dalam air agar tidak mudah lepas ketika dipasang karena pori-pori batu yang besar. Setelah batu andesit ini terpasang, tak lupa pula untuk memberikan coating pada dinding batu alam ini agar permukaannya tetap mengkilap dan melindungi warnanya.

Demikianlah penjelasan mengenai mengenal dinding batu alam andesit. Batu ini sangat cocok dipakai sebagai dinding karena memiliki sifat yang keras dan warna yang elegan.
Beberapa jenis batu andesit terbagi berdasarkan ukurannya dan motifnya. Jenis batu andesit alur sering dipakai dalam pembuatan dinding batu alam. Tak pula untuk teliti memilih batu andesit yang berkualitas baik agar memudahkan dalam pemasangan dan memberikan hasil yang rapi.

TAG:
Dinding batu alam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Dinding Batu Alam Andesit"

Post a Comment

Silahkan berkomentar di kolom di bawah ini, berkomentarlah dengan sesuai topik dan pembahasan, komentar jangan mengandung unsur sara, tidak sopan atau tidak senonoh atau fornografi, dan komentar yang menyertakan link aktif akan dihapus secara otomatis. Terimakasih