Cara Merawat Batu Alam Yang Baik Dan Benar

Cara Merawat Batu Alam Yang Baik Dan Benar-Penggunaan batu alam pada rumah rumah mewah atau bergaya minimalis semakin sering di gunakan, karena orang ingin memberi kesan alami yang menyatu dengan alam pada rumah mereka karena batu alam tak memerlukan cat untuk warnanya dan perawatannya tidak trelalu sulit, berikut ini ada beberapapa tips untuk anda dalam merawat dinding batu alam: 

Semprotkan air secara keras ke arah batu alam, untuk kotoran yang membandel, Anda perlu menyemprotkannya dengan selang secara keras bila
Gunakan alat bantu.Jika kotoran di dinding batu alam tidak rontok dengan air, gunakan alat bantu, seperti sikat atau kuas dan sabun cuci.

Untuk hasil yg bagus dinding batu alam juga harus di-coating. Jika Anda belum pernah meng-coating batu alam tsb, lakukanlah coating dengan coating khusus batu alam, lakukan coating dengan kuas sebanyak tiga lapis dan ulangi setiap satu tahun sekali.

perhatikan batu alam pada dinding Anda, jika dalam beberapa bulan, batu alam sudah lepas, itu berarti Anda salah memilih perekat, gunakan perekat keramik dinding untuk pemasangan batu alam pada dinding. perekat keramik dinding memiliki daya rekat yang cukup tinggi karena berbahan dasar semen, pasir pilihan, premium filler dan aditif Eropa yang tercampur secara homogen.

Berikut ini kami sampaikan tips dan cara pengotingan/ pernis batu alam


COATING BATU ALAM

Coating atau pernis batu alam adalah jenis larutan ACRYLIC RESIN yang dibuat dengan formulasi khusus untuk di aplikasikan pada permukaan batu alam.

Penggunaan coating pada batu alam dapat membuat batu alam lebih tahan terhadap cuaca, karena cara coating batu alam adalah meresap dan melapisi dinding pori-pori batu alam, sehingga air (hujan) tidak dapat lagi masuk ke pori-pori batu.

COATING batu alam dapat di aplikasikan pada berbagai jenis batu alam.
BERIKUT INI JENIS COATING BATU ALAM

1.NATURAL

Coating natural dikhususkan untuk jenis batu berwarna putih, cream atau motif serat contoh batu paras jogja atau palimanan dikarenakan jenis coating tersebut berjenis natural maka tidak menimbulkan perubahan jenis warna pada warna batu tersebut tetapi dapat melapisi dari serangan lumut , debu, air dan kotoran jenis lain nya sehingga mudah dibersihkan, jadi hasilnya tetap natural seperti warna batu aslinya


2.CANDI (HITAM)

Jenis coating ini tentu di khusus kan untuk jenis batu candi yang cenderung berwarna hitam dan berpori, kegunaanya adalah meningkatkan warna hitam pada batu candi tanpa mengurangi kesan alami dari batu tersebut.
sangat cocok diaplikasikan pada batu candi, tapi saat ini coating batu candi  dapat juga di aplikasikan untuk batu andesit agar supaya warna batu andesit jadi lebih hitam pekat, tapi kembali ke selera pemakai untuk  kebutuhan warna yang diperlukan.


3.GLOSS

Coating jenis gloss adalah coating yang berjenis bening dan memberi kesan hasil kilap pada permukaan batu alam, coating jenis ini banyak dipergunakan  untuk melapisi berbagai jenis batu alam seperti batu andesit, palimanan, fosil,sukabumi, templek dll. dan hampir semua jenis batu alam menggunakan jenis coating ini karena kesan basah dan mengkilapnya yang banyak di gandrungi oleh pengguna batu alam.


4.COATING ANDESIT

Jenis coating ini biasanya di khususkan untuk batu jenis andesit , hasil finishing nya hampir sama dengan coating gloss cuman ada perbedaan dari warna nya yaitu agak gelap atau hitam jadi hasil finishingnya adalah basah mengkilap tapi agak gelap atau jenis warna batu jadi lebih tua dari warna batu aslinya.


5.DOFF

Jenis coating ini untuk jenis andesit, warna finishingya yaitu basah tapi tidak mengkilat ,warna yang dihasilkan seperti warna batu aslinya tidak ada perubahan warna yang signifikan memakai jenis coating ini.

CARA PEMAKAIAN NYA BAGAI MANA?????

1.Bersihkan batu dari sisa semen, debu, minyak, cat atau kotoran lainya supaya coating dapat meresap dan menempel sempurna pada permukaan batu alam.

2.pastikan cuaca panas atau tidak hujan dan batu kering dari air sisa pembersihan tadi dan harus benar-benar kering.

3.lapiskan/cat kan coating batu alam pada batu memakai kuas atau bisa juga di semprot pakai kompresor untuk hasil yang lebih sempurna.

4.setelah pelapis pertama kering (15-20menit) dapat dilakukan pelapisan berikutnya bila di inginkan, tetapi satu lapis juga sudah bagus ,penggunaan lapisan ke 2 bila menginginkan hasil yang lebih maksimal. pastikan seluruh batu dilapisi dengan merata supaya tidak terlihat belang hasilnya.

5. daya sebar 1kaleng/1liter coting bisa  melapisi 5-8 mtr2 tergantung jenis batu dan porositas batu, biasnya untuk batu candi penggunaan lebih boros karena jenis batu tersebut mempunyai pori-pori yang banyak dan lebar.

Demikian penjelasan coating batu alam dan cara mengaplikaskan nya pada batu semoga bermanfaat.

Jika saudara sekalian memerlukan coating batu alam , Kami CAHAYA ALAM STONE juga menjual berbagai jenis coating batu alam untuk keperluan finishing/perawatan batu alam di bangunan anda





CAHAYA ALAM STONE
Dari berbagai sumber





Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Cara Merawat Batu Alam Yang Baik Dan Benar"

  1. Mks infonya. Sy coba yah. Jgn lupa mampir ke sini
    WWW.ariskomputer.com

    ReplyDelete
  2. Dibagian sebelah teras rumah saya dindingnya dipasang pakai keramik motif batu alam garis2, setelah dipasang lama tidak dicoating, dan pada saat setelah dicoating tukangnya tidak membersihkan bercak putih bekas air hujan ada dibeberapa petak keramik. Bagaimana caranya untuk menpercantik dan mebersihkan bercak putih bekas air hujan pada dinding keramim motif batu alam?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dibersihkan dulu atau dibuang dulu coating lama nya dengan menggunakan thiner, lalu di coating ulang dengan coating lama, sebelum di coating perhatikan cuaca usahakan cuaca terik , coating kering di cuaca terik sekitar 4 jam dan 6 jam di tempat lembab dan 12 jam di tempat teduh

      Delete
  3. Terimakasih atas sharing ilmu dan pengetahuannya. Semoga selalu menjadi manfaat bagi semuanya.Salam sukses selalu.Amin
    http://jasarenovasirumah.co/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih telah berkunjung, sukses selalu gan 🙂

      Delete
  4. bingung mau pilih batu alam asli atau keramik motif batu alam untuk teras dan pilar teras? perbedaannya batu alam dan keramik motif batu alam apa saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penjelasan nya bisa dilihat di sini gan http://www.jualbatualam.id/2017/09/batu-alam-vs-keramik-motif-batu-alam.html

      Delete

Silahkan berkomentar di kolom di bawah ini, berkomentarlah dengan sesuai topik dan pembahasan, komentar jangan mengandung unsur sara, tidak sopan atau tidak senonoh atau fornografi, dan komentar yang menyertakan link aktif akan dihapus secara otomatis. Terimakasih